• Jelajahi

    Copyright © Tentang Islam
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Bolehkah melakukan puasa awal Dzulhijjah tetapi masih memiliki utang puasa Ramadan?

    MasakanBoenda (Dini)
    Sabtu, 17 Juli 2021, Juli 17, 2021 WIB Last Updated 2021-07-18T03:05:58Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Bolehkah melakukan puasa awal Dzulhijjah tetapi masih memiliki utang puasa Ramadan? Termasuk pula, apakah boleh melakukan puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah sedangkan masih memiliki utang puasa?

     

    Para fuqoha berselisih pendapat dalam hukum melakukan puasa sunnah sebelum melunasi qadha puasa Ramadhan.

     

    Para ulama Hanafiyah membolehkan melakukan puasa sunnah sebelum qadha puasa Ramadan. Mereka sama sekali tidak mengatakannya makruh. Alasan mereka, qadha puasa tidak mesti dilakukan sesegera mungkin.

     

    Sedangkan para ulama Malikiyah dan Syafi’iyah berpendapat tentang bolehnya, tetapi disertai makruh jika seseorang mendahulukan puasa sunnah dari qadha puasa, karena jika melakukan seperti ini berarti seseorang mengakhirkan yang wajib (demi mengerjakan yang sunnah).

     

    Namun, jika merujuk pada dalil, dalam mengqadha puasa Ramadan waktunya amat longgar, yaitu sampai Ramadan berikutnya. Allah Ta’ala sendiri memutlakkan qadha puasa dan tidak memerintahkan sesegera mungkin sebagaimana dalam firman-Nya, “Maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.” (QS. Al Baqarah: 185).

     

    Begitu pula dapat dilihat dari apa yang dilakukan oleh ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha. Dari Abu Salamah, beliau mengatakan bahwa beliau mendengar ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha mengatakan, “Aku masih memiliki utang puasa Ramadan. Aku tidaklah mampu mengqadhanya kecuali di bulan Syakban.” Yahya (salah satu perawi hadis) mengatakan bahwa hal ini dilakukan ‘Aisyah karena beliau sibuk mengurus Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. (HR. Bukhari no. 1950 dan Muslim no. 1146).

     

    Kesimpulannya, masih boleh berpuasa Arafah dan puasa sunnah di awal Dzulhijjah meskipun memiliki utang puasa Ramadan. Asalkan yang punya utang puasa tersebut bertekad untuk melunasinya.

     

    Wallahu Ta’ala a’lam.

     

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +