Iklan

Iklan

Advertisement

Cara Berpakaian Wanita Muslim yang Tepat

Model-model pakaian yang ada di pasaran semakin beragam seiring perkembangan zaman. Tidak sedikit muslimah yang tergoda untuk mengikuti tren dan menggunakan pakaian-pakaian tersebut. Namun apakah pakaian tersebut sesuai dengan ajaran Islam? Berikut ini cara berpakaian wanita muslim yang tepat:

Menutup Seluruh Aurat

Pakaian yang digunakan oleh muslimah adalah pakaian yang menutup seluruh auratnya. Batas aurat wanita adalah seluruh bagian tubuh kecuali wajah dan juga telapak tangan. Jadi pakaian harus menutupi seluruh bagian tubuh kecuali kedua bagian tersebut yang boleh nampak. Apa yang boleh nampak juga terdapat pada Q.S An Nuur ayat 31.

Tidak Dimaksudkan untuk Tabarruj atau Bersolek

Tidak sedikit wanita yang menggunakan pakaian untuk tujuan tabarruj atau menarik perhatian orang lain, terutama lelaki. Hal ini sangat dilarang oleh agama. anda tidak boleh berpakaian karena tabarruj atau bersolek. Hal tersebut tertulis di dalam Q.S Al Ahzab ayat 33.

Berkain Tebal dan Longgar

Cara berpakaian wanita muslim selanjutnya yaitu menggunakan pakaian berkain tebal dan longgar. Kain yang terlalu tipis bisa menampilkan warna kulit orang yang memakainya. Sedangkan pakaian yang tidak longgar bisa menampilkan lekukan tubuh. Oleh sebab itu, pastikan pakaian tebal dan juga longgar.

Tidak Menyerupai Pakaian Laki-laki

Wanita muslim haram menggunakan pakaian yang mirip atau menyerupai pakaian milik laki-laki. Hal tersebut diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Abu Dawud, Hakim, dan Ahmad. Pakaian yang tepat bagi wanita adalah pakaian yang sesuai dengan wanita, bukan laki-laki.

Tidak Diberi Wewangian seperti Parfum

Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam berpakaian adalah wangi-wangian. Muslimah sangat dianjurkan untuk memberikan wewangian atau parfum pada pakaiannya. Apalagi jika wewangian yang digunakan memang bertujuan agar orang lain bisa menciumnya. Banyak hadits yang memang melarang seorang wanita menggunakan parfum atau wewangian saat ingin keluar rumah.

Itulah cara berpakaian wanita muslim yang tepat. Sebagai muslimah yang baik, kita juga harus mengikuti anjuran berpakaian dalam Islam. Semoga kita semua istiqomah dengan pakaian yang sesuai ajaran Islam tersebut.

Cara Berpakaian Wanita Muslim yang Tepat



Ingat, untuk selalu menajaga sopan santun dan saling menghargai dalam berkomentar!

Posting Komentar

Cara Berpakaian Wanita Muslim yang Tepat

©. All rights reserved. © 2021 nama blogger