Iklan

Iklan

Advertisement

Cara Mendidik Anak yang Tepat dalam Islam

Selain menjaga dan merawat, orang tua juga memiliki kewajiban untuk mendidik anak-anaknya agar menjadi orang yang berbudi pekerti luhur. Bagi para muslim, pendidikan anak ini juga harus tepat sesuai ajaran Islam. Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat mendidik anak dalam Islam. Langsung saja, berikut di antaranya:

Mengajarkan Tauhid

Hal terpenting yang perlu diajarkan kepada anak adalah tauhid. Pasalnya tauhid menjadi landasan Islam yang terpenting. Orang tua perlu mengajarkan tauhid sejak dini agar hal tersebut tertanam dalam diri mereka. Pentingnya mengajarkan tauhid terdapat pada Quran Surat Al Luqman ayat 13.

Mengajarkan Akhlak dan Adab

Setelah tauhid, akhlak dan adab menjadi hal selanjutnya yang perlu diajarkan kepada anak. Keluarga adalah tempat pertama bagi anak-anak untuk belajar. Akhlak dan adab yang baik bisa menjadi pondasi dalam kehidupan bersosial. Ada berbagai macam akhlak dan adab yang perlu diajarkan seperti kepada Allah SWT (tidak syirik), kepada Rasulullah, kepada sesama manusia, dan kepada makhluk ciptaan Allah SWT lainnya.

Mengajarkan Ibadah

Cara mendidik anak dalam Islam selanjutnya yaitu ibadah. Perkenalkan agama sejak si kecil dini. Jadikan ibadah sebagai kebiasaan mereka sehingga menjadi kewajiban ketika dewasa. Cara mengajarkan ibadah yaitu mengikutsertakan anak saat melakukan ibadah.

Bersikap Adil

Sikap adil orang tua merupakan hal yang penting bagi anak-anak. Jangan pernah memiliki sikap yang berbeda antara satu anak dengan anak lainnya. Membandingkan anak merupakan contoh yang buruk untuk mereka. Bersikap adil harus dilakukan dalam berbagai hal baik itu secara materi maupun non materi.

Bersikap Lemah Lembut Namun Tegas

Orang tua sebaiknya memberikan pendidikan kepada anak dengan sikap sabar dan lemah lembut. Namun kadang kala, orang tua juga boleh bersikap tegas pada anak. Bukan hanya menjadi pemimpin dan contoh bagi anak, orang tua juga harus bisa menjadi teman. Ajak mereka bercanda, bermain, dan berikan kasih sayang penuh saat tumbuh kembang anak.

Itulah cara mendidik anak dalam Islam yang perlu Anda ketahui. Ingatlah bahwa anak adalah titipan Allah SWT yang harus dijaga, dirawat, dan dididik dengan tepat. Pendidikan yang tepat dapat memudahkan anak menuju ridho Allah SWT.


Cara Mendidik Anak yang Tepat dalam Islam



Ingat, untuk selalu menajaga sopan santun dan saling menghargai dalam berkomentar!

Posting Komentar

Cara Mendidik Anak yang Tepat dalam Islam

©. All rights reserved. © 2021 nama blogger