Iklan

Iklan

Advertisement

5 Ilmuwan Muslim yang Berpengaruh untuk Dunia

Ilmuwan merupakan orang-orang yang mampu menciptakan sesuatu untuk kepentingan orang banyak. Beberapa ilmuwan yang sangat populer seperti Nikola Tesla, Galileo Galilei, Albert Einstein, dan lain sebagainya. Selain nama-nama ilmuwan populer tersebut, ada juga sederet nama ilmuwan muslim yang berpengaruh untuk dunia. Temuannya mampu memberikan dampak positif untuk perkembangan kehidupan manusia. Siapa saja ilmuwan tersebut? Berikut di antaranya:

Al Khawarizmi

Al Khawarizmi merupakan ahli matematika beragama Islam yang berhasil menemukan teori aljabar. Tidak hanya aljabar saja, ilmuwan yang berasal dari Persia ini juga menemukan teori matematika lain yaitu algoritma dan sistem penomoran. Selain ahli matematika, ia juga ahli di bidang astronomi dan astrologi.

Ibn Al Haytham

Ibn Al Haytham dikenal dengan karyanya yang berjudul Kitab al-Manazir (Book of Optics). Buku tersebut masih menjadi rujukan ilmu di dunia optik hingga saat ini. Melalui bukunya, Al Haytham memberikan penjelasan bagaimana cara kerja optik mata untuk menangkap gambar dengan detail. Kontribusi lainnya yaitu penelitian terhadap dispersi cahaya, lensa, dan cermin.

Jabir Ibn Hayyan

Ahli kimia dari Iran ini melakukan penelitian dengan melarutkan emas. Melalui pelarutan emas tersebut ditemukan asam kuat seperti nitrat, sulfat, dan hidroklorik. Agar bisa dinetralisir, akhirnya ia menciptakan alkali. Beberapa karya berupa buku yang dikeluarkan oleh Jabir Ibn Hayyan yaitu Kitab Al-Rahmah, Kitab Al-Sab’een, Kitab Al-Kimya, dan lain sebagainya.

Al Zahrawi

Al Zahrawi adalah ilmuwan muslim yang berkecimpung di dunia medis. Berkat kontribusinya di bidang medis, ia kemudian dijuluki sebagai Bapak Ilmu Bedah Modern. Ilmuwan yang mengenalkan benang sebagai alat penutup luka adalah Al Zahrawi.

Ahmad Ibn Tulun

Ilmuwan terakhir dalam daftar ini adalah Ahmad Ibn Tulun yang mencetuskan ide perawatan medis modern. Rumah sakit pertama yang ia bangun adalah rumah sakit Al-Fustat Kairo, Mesir. Selain perawatan umum, rumah sakit Al-Fustat juga melayani perawatan bagi pasien gangguan jiwa.

Itulah para ilmuwan muslim yang memiliki penemuan berpengaruh untuk perkembangan zaman. Mengenal para ilmuwan cerdas bisa meningkatkan rasa kecintaan terhadap agama Islam. Anda mungkin juga bisa terinspirasi untuk mengharumkan nama agama seperti ilmuwan-ilmuwan di atas.


5 Ilmuwan Muslim yang Berpengaruh untuk Dunia



Ingat, untuk selalu menajaga sopan santun dan saling menghargai dalam berkomentar!

Posting Komentar

5 Ilmuwan Muslim yang Berpengaruh untuk Dunia

©. All rights reserved. © 2021 nama blogger