• Jelajahi

    Copyright © Tentang Islam
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Adab Makan dan Minum dalam Ajaran Islam

    MasakanBoenda (Dini)
    Selasa, 13 Juli 2021, Juli 13, 2021 WIB Last Updated 2021-07-17T02:15:11Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Islam merupakan agama yang sempurna. Semua hal yang dilakukan manusia di dunia ada tuntunannya, termasuk makan dan minum. Meskipun dianggap menjadi aktivitas yang sederhana, namun makan dan minum juga memiliki adab yang harus diikuti. Berikut ini adab makan dan minum dalam Islam yang perlu Anda pahami:

    Mencuci Kedua Tangan

    Kebersihan tangan merupakan hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum makan dan minum. Tujuannya agar tidak ada bakteri yang masuk ke dalam tubuh melewati makanan. Gunakan sabun dan air mengalir untuk mencuci kedua tangan agar bersih dari kotoran maupun kuman penyebab penyakit.

    Membaca Basmalah

    Setelah memastikan kedua tangan Anda bersih, selanjutnya baca basmalah. Semua hal yang kita lakukan harus diawali dengan mengingat Allah SWT, termasuk makan dan minum. Hal ini menjadi bagian dari rasa syukur karena Allah SWT telah memberikan nikmat berupa makanan.

    Membaca Doa

    Setelah membaca basmallah atau menyebut nama Allah SWT, Anda bisa melanjutkannya dengan membaca doa mau makan. Sama seperti bismillah, membaca doa mau makan juga menjadi bentuk rasa syukur akan nikmat Allah SWT. Bacaan doa mau makan sangat sederhana sehingga Anda harus menghafalnya.

    Makan dengan Baik

    Adab makan dan minum dalam Islam selanjutnya yaitu makan makanan yang ada dengan baik. Gunakan tangan kanan ketika menyantap makanan. Karena setan yang makan dan minum menggunakan tangan kiri. Selain itu, makan makanan secukupnya saja atau jangan berlebihan. Perut yang terlalu kenyang bisa membuat Anda malas untuk melakukan pekerjaan. Jangan lupa makan apapun dengan duduk yang nyaman.

    Menutup dengan Doa

    Makan dimulai dengan dua, maka juga harus diakhiri dengan doa. Anda wajib berdoa setelah menyelesaikan makan dan minum. Doa setelah makan juga menjadi bentuk rasa syukur kepada Allah SWT karena telah mendapatkan makanan dan minuman yang lezat.

    Itulah adab makan dan minum dalam Islam yang perlu Anda ikuti. Makanan dan minuman merupakan rezeki dari Allah SWT. Oleh sebab itu, hendaknya Anda mensyukuri rezeki tersebut dengan selalu membaca doa setelah dan sesudah makan.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +