Iklan

Iklan

Advertisement

4 Puasa Sunnah yang Dijalankan Nabi Muhammad SAW

Berpuasa sunnah merupakan salah satu kebiasaan baik yang selalu dijalankan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW. Amalan sunnah sendiri adalah amalan yang mendatangkan pahala jika dikerjakan namun tidak berdosa apabila tidak dikerjakan. Beberapa orang menjalankan puasa sunnah untuk mengendalikan hawa nafsu. Anda yang ingin belajar puasa melalui Nabi Muhammad SAW, berikut ini beberapa puasa yang sering Beliau jalankan:

Puasa Senin Kamis

Puasa Senin Kamis merupakan salah satu jenis puasa yang cukup populer dan banyak dilakukan masyarakat muslim. Sesuai namanya, puasa ini dilakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu yaitu hari Senin dan Kamis. Meskipun begitu, ada juga yang memperbolehkan untuk melakukan di salah satunya yaitu Senin atau Kamis. Banyak hadits yang menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW menjalankan puasa Senin Kamis semasa hidup.

Puasa Pada Bulan Sya’ban

Puasa pada bulan Sya’ban juga menjadi puasa yang sering dilakukan Nabi Muhammad SAW. Kebanyakan puasa Sya’ban dilakukan sebanyak 10 hari dalam satu bulan. Akan tetapi Nabi pernah melaksanakan selama 1 bulan penuh. Anda yang ingin puasa di bulan Sya’ban bisa melaksanakannya sebanyak 10 hari dalam sebulan.

Puasa Pada Hari Asyura

Puasa Asyura merupakan puasa sunnah yang dikerjakan pada tanggal 10 Muharram setiap tahun. Banyak orang yang menggabungkan puasa Asyura dengan puasa tasu’a yang dilaksanakan pada tanggal 9 Muharram. Keutamaan dari puasa ini yaitu dihapus dosa-dosa kecil selama setahun sebelumnya. Baginda Nabi Muhammad juga melaksanakan puasa Asyura saat masih hidup.

Puasa Tiga Hari Pertama Setiap Bulan

Berpuasa memang menjadi salah satu amalan yang disukai oleh Nabi Muhammad SAW. Satu lagi puasa yang sering beliau jalankan yaitu puasa tiga hari pertama setiap bulan. Hal tersebut sesuai dengan riwayat sebuah hadist. Bahwa Nabi Muhammad SAW juga menjalankan puasa selama tiga hari di setiap awal bulan.

Itulah 4 puasa sunnah yang biasa dijalankan oleh Nabi Muhammad SAW. Berpuasa menjadi salah satu cara untuk mengendalikan berbagai macam hawa nafsu. Selain itu, setiap puasa juga memiliki keutamaannya masing-masing.

4 Puasa Sunnah yang Dijalankan Nabi Muhammad SAW



Ingat, untuk selalu menajaga sopan santun dan saling menghargai dalam berkomentar!

Posting Komentar

4 Puasa Sunnah yang Dijalankan Nabi Muhammad SAW

©. All rights reserved. © 2021 nama blogger