• Jelajahi

    Copyright © Tentang Islam
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh

    MasakanBoenda (Dini)
    Selasa, 13 Juli 2021, Juli 13, 2021 WIB Last Updated 2021-07-17T01:51:24Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Puasa merupakan salah satu ibadah yang sering dilakukan oleh umat muslim. Ada dua jenis ibadah puasa dalam Islam yaitu puasa wajib di bulan Ramadhan dan puasa sunnah. Bagi muslim, puasa merupakan bentuk ketaatan pada Allah SWT. Banyak sekali keutamaan yang dihadirkan seperti mendapatkan ketenangan, ampunan atas dosa-dosa, dan lain sebagainya.

    Tidak itu saja, puasa juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Penasaran apa saja manfaat puasa untuk kesehatan? Berikut di antaranya:

    Menyehatkan Jantung

    Pernah dilakukan penelitian yang menunjukkan bahwa mereka yang berpuasa paling tidak sekali dalam sebulan memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah sebesar 58%. Mereka yang berpuasa juga dikatakan memiliki jantung yang lebih sehat dibandingkan mereka yang tidak berpuasa. Di samping itu, puasa bisa mengurangi resistensi insulin penyebab meningkatnya risiko penyakit diabetes.

    Mengurangi Risiko Infeksi Penyakit

    Manfaat puasa untuk kesehatan selanjutnya adalah mengurangi risiko infeksi penyakit. Namun hal tersebut harus diiringi dengan pola makan sehat. Apabila Anda rajin berpuasa dan memiliki pola makan sehat, maka bisa membantu menjauhkan berbagai macam penyakit. Berpuasa bisa memperbaiki kondisi radang usus besar, radang sendi, serta penyakit kulit.

    Membantu Mendapatkan Berat Badan Ideal

    Puasa memberikan dampak pada berat badan Anda sehingga bisa lebih ideal. Hal tersebut lantaran ketika puasa seseorang pada umumnya mendapatkan asupan makanan yang lebih sedikit dibandingkan biasanya. Pembakaran lemak yang terjadi bisa membantu menurunkan berat badan. Namun Anda juga harus menjaga makanan yang dimakan agar berat badan tidak naik lagi. Hindari makanan berlemak, manis, serta goreng-gorengan saat berbuka puasa.

    Menurunkan Risiko Kanker

    Saat seseorang berpuasa, laju pembelahan sel di dalam tubuh berkurang. Hal tersebut kemudian diikuti dengan menurunnya pertumbuhan sel karena asupan yang terbatas. Jadi puasa bisa membantu menurunkan risiko kanker. Namun masih dibutuhkan penelitian lanjut oleh para ahli.

    Itulah manfaat puasa untuk kesehatan tubuh. Jadi puasa tidak hanya dianjurkan oleh agama, namun juga oleh pakar kesehatan. Selain puasa wajib di bulan Ramadhan, ada beberapa puasa sunnah yang bisa Anda jalankan seperti puasa Senin Kamis, puasa Asyura, puasa Daud, dan lain sebagainya.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +