• Jelajahi

    Copyright © Tentang Islam
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Keutamaan Puasa Senin Kamis yang Perlu Anda Ketahui

    MasakanBoenda (Dini)
    Selasa, 13 Juli 2021, Juli 13, 2021 WIB Last Updated 2021-07-17T01:47:00Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Puasa Senin Kamis merupakan puasa sunnah yang dilaksanakan setiap hari Senin dan Kamis oleh umat muslim. Manfaat utama puasa yaitu untuk melatih berbagai macam hawa nafsu. Puasa ini sering dijalankan oleh Nabi Muhammad SAW sehingga banyak diikuti oleh umat Islam. Layaknya puasa sunnah lainnya, puasa Senin Kamis juga memiliki keutamaannya tersendiri. Berikut ini adalah keutamaan puasa Senin Kamis:

    Dibukanya Pintu Surga

    Senin dan Kamis adalah hari di mana dibukanya pintu-pintu surga. Pada hari tersebut dosa semua umat muslim akan diampuni kecuali mereka yang sedang bermusuhan dan orang-orang yang menyekutukan Allah SWT. Orang yang bermusuhan tidak akan diampuni hingga mereka berdamai. Apabila mendambakan surga Allah SWT, maka Anda dianjurkan berpuasa sunnah di hari Senin dan Kamis.

    Surga Khusus Bagi Umat Islam yang Berpuasa

    Allah SWT menjanjikan surga khusus bagi mereka yang rajin berpuasa. Surga bagi orang-orang berpuasa tersebut adalah Ar-Rayyan. Hal tersebut seperti yang telah disebutkan dalam Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim. Bahwa ada surga khusus untuk orang yang berpuasa yaitu surga Ar-Rayyan. Kelak pada hari kiamat, hanya orang-orang yang berpuasa saja yang bisa masuk ke pintu tersebut.

    Amalan yang Disukai Rasul

    Keutamaan puasa Senin Kamis selanjutnya yaitu melaksanakan amalan yang disukai oleh Rasul. Puasa Senin Kamis memang menjadi salah satu ibadah yang disukai oleh Nabi Muhammad SAW. Hadist yang menyatakan bahwa puasa Senin Kamis adalah amalan yang sering dilakukan Rasulullah yaitu HR. Tirmidzi, an-Nasa-I, Imam Ahmad, Ibnu Majah.

    Waktu Diperiksa Amalan Manusia

    Pada hari Senin dan Kamis amalan manusia akan diperiksa. Hal tersebut sesuai dengan Hadist Riwayat Muslim. Akan sangat mulia seseorang yang amalannya diperiksa sedangkan dirinya sedang dalam keadaan berpuasa. Hal tersebut juga menjadi alasan Nabi Muhammad SAW melaksanakan puasa Senin Kamis.

    Itulah keutamaan puasa Senin Kamis yang perlu Anda ketahui. Bagaimana apakah Anda ingin melaksanakannya juga? Puasa sunnah bukan hal yang sulit apabila Anda memiliki niat yang kuat. Semoga Anda bisa menjalankannya dengan istiqomah dan mendapatkan keutamaannya.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +