• Jelajahi

    Copyright © Tentang Islam
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Mengetahui Tata Cara Taaruf dalam Islam

    MasakanBoenda (Dini)
    Selasa, 13 Juli 2021, Juli 13, 2021 WIB Last Updated 2021-07-17T01:43:53Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Setiap orang diciptakan oleh Allah SWT secara berpasangan. Dalam Islam, ada cara yang bisa dilakukan untuk mendekatkan dua orang yang berjodoh yaitu taaruf. Arti kata taaruf sendiri yaitu perkenalan yang dianjurkan dalam Islam dengan tujuan untuk mendapatkan jodoh. Jadi tidak ada namanya pacaran di dalam Islam. Meskipun begitu, taaruf memiliki tata cara yang harus diperhatikan. Langsung saja, berikut ini tata cara taaruf dalam Islam:

    Niat

    Semua hal yang kita lakukan didasari oleh niat. Jadi sebelum mulai taaruf, harus ada niat yang tulus karena mencari ridho Allah SWT. Tidak akan mendapat ridho apabila manusia menjalankan proses taaruf karena niat buruk. Hal tersebut sesuai dengan hadist riwayat Bukhari dan Muslim.

    Tidak Boleh Berduaan

    Pasangan yang menjalani taaruf memang bertujuan untuk menjadi suami istri. Meskipun begitu, belum ada akad yang membuat keduanya halal. Oleh sebab itu haram apabila pasangan taaruf berduaan saja. Apabila wanita dan laki-laki berduaan, maka setan adalah pihak ketiga yang akan menjerumuskan ke dalam tindakan maksiat.

    Bertukar Biodata

    Tata cara taaruf selanjutnya yaitu bertukar biodata. Biasanya ada pihak ketiga yang menjadi perantara pertukaran biodata tersebut. Bertukar biodata menjadi proses yang sangat penting. Pasalnya melalui pertukaran biodata tersebut, pihak laki-laki maupun pihak wanita bisa mengerti satu sama lain. Apabila tidak cocok maka tidak perlu dilanjutkan, begitu pula sebaliknya.

    Nadzar untuk Bertemu

    Apabila permohonan taaruf diterima oleh masing-masing pihak, maka bisa dilanjutkan dengan nadzar untuk bertemu. Pihak laki-laki harus bertemu langsung dengan orang tua pihak wanita. Selanjutnya pada pertemuan tersebut bisa dibahas apa yang perlu dibahas bersama.

    Boleh Memberikan Hadiah Kepada Wanita

    Perlu Anda ketahui bahwa pihak laki-laki boleh memberikan hadiah kepada pihak wanita meskipun belum dilangsungkan pernikahan. Namun hadiah tersebut diperuntukkan bagi calon istri saja, bukan untuk keluarganya. Sesuai HR. Abu Daud 2129 yang mengatakan bahwa semua mahar, janji, maupun pemberian sebelum nikah adalah milik wanita.

    Itulah tata cara taaruf dalam Islam yang perlu Anda ketahui. Taaruf merupakan proses perkenalan yang bisa membantu Anda mendapatkan jodoh sesuai ketentuan Islam. Semoga dengan bertaaruf, Anda bisa mendapatkan jodoh sesuai dengan ridho Allah SWT.


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +